Rabu, 03 Oktober 2012

Tips Cara Merawat Rumah Agar Sehat, Aman, dan Nyaman

Property-rumah.com - Rumah merupakan salah satu kebutuhan utama bagi kehidupan manusia disamping sandang dan pangan. Rumah pada dasarnya merupakan tempat hunian yang sangat penting untuk membangun kehidupan keluarga yang harmonis, sehat, dan sejahtera.

Rumah yang sehat tidak harus selalu rumah yang mewah dan besar, namun rumah yang mungil dan sederhana dapat juga menjadi rumah yang sehat dan nyaman. Untuk menciptakan rumah yang sehat dan nyaman, kali ini Admin akan berbagi beberapa tips cara merawat rumah, diantaranya:

Ventilasi udara 
Prinsip ventilasi alami adalah menciptakan sirkulasi udara dengan memasukkan udara baru / segar ke dalam ruangan, dan mengeluarkan udara panas keluar melalui ventilasi udara yang dibuat secara strategis. Seperti kita ketahui, untuk memperoleh rumah sehat, sirkulasi udara yang baik serta pencahayaan alami yang cukup harus terpenuhi.

Penerangan yang cukup 
Sinar cahaya dalam ruangan dapat Anda atur sesuai kebutuhan dan sesuai besar kecilnya ruangan. Misalkan Anda dapat memanfaatkan cahaya lampu berwarna putih yang member kesan lebih hangat, alami, luas, dan bersahabat.

Air bersih terpenuhi 
Kualitas air harus memenuhi persyaratan kesehatan air bersih dan air minum.

Pembuangan air limbah diatur dengan baik agar tidak menimbulkan pencemaran
Seperti kita ketahui, pembuangan air limbah harus diatur dengan sedemikian rupa agar tidak menimbulkan pencemaran, khususnya untuk menghindari pencemaran persediaan air bersih Bagian-bagian ruang seperti lantai dan dinding tidak lembab serta tidak menimbulkan pencemaran seperti bau, rembesan air kotor, maupun udara kotor

Komponen - komponen rumah harus memenuhi persyaratan fisik dan biologis, seperti lantai kedap air dan mudah dibersihkan. Serta dinding-dinding diruang tidur, ruang keluarga atau ruang-ruang lainnya dilengkapi dengan sarana ventilasi yang memadai untuk pengaturan sirkulasi udara. Sementara dinding kamar mandi dan tempat cuci harus kedap air dan mudah dibersihkan. Selain itu, ada beberapa bagian rumah seperti halaman, ruang tamu, lantai dan dinding, bahkan kamar mandi yang harus dirawat dan dijaga kebersihannya agar rumah tetap sehat dan nyaman untuk dihuni.

Berikut tips cara merawat bagian - bagian rumah yang sehat:

Perhatikan penghijauan di rumah Anda
Tanamlah pohon peneduh dan tanaman hias di halaman rumah Anda. Selain untuk mempercantik rumah, tanaman ini akan membantu memproduksi O2 dan menyerap CO2, sehingga rumah sehat yang kita idam-idamkan dapat kita capai serta kondisi rumah menjadi lebih segar.

Bersihkan kamar mandi Anda secara berkala 
Kuras bak dan sikat lantai kamar mandi serta toilet. Berikan ventilasi pada kamar mandi agar kamar mandi tidak terlalu lembab. Meletakkan sedikit tanaman hijau juga dapat dicoba agar kamar mandi tampak lebih asri.

Bersihkan rumah secara teratur setiap hari
Membersihkan rumah seperti menyapu, mengepel dan membersihkan debu-debu yang menempel pada perabotan kita. Biasakan pula untuk selalu mengembalikan barang yang telah kita ambil untuk diletakkan kembali pada tempatnya. Rumah yang bersih dan teratur, cerminan dari rumah sehat dan nyaman.

Pisahkan sampah yang kering dan basah 
Buanglah sampah setiap hari pada tempat sampah yang ada dirumah Anda. Pisahkan antara sampah yang basah dan yang kering. Hal ini akan membuat rumah Anda terhindar dari bau dan serangga yang biasanya menghinggapi tempat sampah. Tentunya rumah sehat tidak akan memiliki bau yang tidak sedap.

Menjaga agar kondisi rumah tetap bersih akan membawa kita untuk memiliki rumah sehat dan nyaman serta dapat meningkatkan kualitas hidup penghuniya.


Salam!
Property-rumah.com

3 komentar:

  1. terima kasih infonya,,bisa diterapkan tar kalau udah punya rumah sendiri :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini blog baru bikin kemarin, postingan ini perdana.. Berarti komentar pak Heqris juga komentar pertama di Blog ini.. Hehe.. Thanks yah..

      Lanjut ke sini mas http://property-rumah.com/artikel/3-tips-membeli-rumah-yang-harus-anda-tahu.html :)

      Hapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh penulis.

    BalasHapus